Rabu, 12 Oktober 2016

Setiap Hari Ada 1.300 Manula Hilang dari Rumah di China


GULA77 - Institut Bantuan Sosial Zhongmin yang bernaung di bawah Kementerian Pegawai Negeri Sipil Tiongkok melaporkan 1.300 orang lanjut usia hilang di negara itu setiap harinya. Dengan kata lain, setiap tahun ada 500.000 manula tiba-tiba saja tidak berada di rumah.

"Ini angka yang sangat besar dan merupakan isu sosial yang tidak bisa kita abaikan begitu saja," kata Wang Zhikun, Direktur Institut Zhongmin. Sebanyak 80 persen kasus yang dilaporkan adalah orang hilang berusia 65 atau lebih. Sebanyak 25 persen di antaranya didiagnosis penyakit alzheimer atau kepikunan.

Sementara 72 persen lainnya menderita semacam gangguan memori. Seperempat manula yang hilang itu, seperti dilaporkan Xiong Guibin, berhasil ditemukan oleh keluarga masing-masing. Kasus ini berkaitan erat dengan pertumbuhan populasi di China yang begitu cepat.

Terlebih sejak kebijakan satu anak yang tahun lalu berlaku dicabut. Meskipun Undang-Undang di Negeri Tirai Bambu itu mewajibkan orang dewasa merawat orang tuanya, hal ini tidak berlaku bagi para orang tua yang anaknya telah meninggal atau pindah jauh tanpa memberikan kabar.

Buruknya kondisi di daerah pedesaan dan kota kecil menyebabkan penduduk lebih muda berimigrasi ke kota besar yang ada di pesisir timur China. Menurut Bank Dunia, Tiongkok saat ini memiliki 114 juta penduduk berusia di atas 65.

Pada 2030 mendatang, China ditaksir akan memiliki penduduk tertua di muka bumi dengan populasi manula sebanyak 400 juta orang. Pembengkakan populasi orang lanjut usia ikut berimbas pada biaya kesehatan mencapai USD 20 triliun pada 2030 mendatang, seperti dilaporkan Asia Pacific Risk Center di Singapura bulan lalu.(Guardian)


Ada Dalang, Aa Gatot Mengganti Seluruh Kuasa Hukumnya
Kapolri: Ada 500 WNI Yang Berhasil Lolos Gabung ISIS
Rusia: Kami Tak Bisa Memulangkan Snowden ke AS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar