Kamis, 28 April 2016

Seorang Pria China 36 Tahun Ditangkap Polisi, Karena Sering Menonton Video ISIS


GULA77 - Seorang pria di Desa Jinan, Provinsi Shandong, China, ditangkap polisi setempat atas tuduhan ingin terlibat jaringan terorisme. Unit kejahatan cyber Tiongkok memantau akses internet lelaki 36 tahun itu, karena sering menyaksikan dan mengunduh video sepak terjang Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).

Pria ini rutin menonton video-video militan khilafah sejak Februari 2016. Kepada polisi, dia mengaku hanya sekadar penasaran. "Dia merasa video ISIS menarik," kata sumber di kepolisian. Walaupun tidak ada indikasi awal dia terlibat atau tertarik bergabung dengan ISIS, namun aktivitasnya menonton video militan dianggap sebagai pelanggaran hukum.

China tahun lalu mengesahkan undang-undang antiterorisme yang sangat ketat. Tidak banyak warga China bergabung dengan ISIS. Namun organisasi teroris ini secara aktif membuat video propaganda mengajak penduduk Tiongkok mendukung berdirinya khilafah Islamiyah.

Sasaran para militan adalah warga muslim dari etnis Uighur di Provinsi Xinjiang yang mengalami represi aparat China. Dalam video yang beredar Juni 2015, ISIS menampilkan sosok militan Uighur berusia 80 tahun. Pria asal Tiongkok itu diklaim sebagai anggota ISIS tertua yang aktif berperang di garis depan.(South China Morning Post)

Joshua Tantang Tyson
Bentrokan Dua Ormas
Menutup Penampungan Imigran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar