Minggu, 05 Juni 2016

Seorang Kakek 96 Tahun Pecahkan Rekor Jadi Sarjana Tertua Sedunia


GULA77 - Shigemi Hirata berusaha bertahun-tahun untuk memperoleh gelar sarjana seni. Perjuangan sang kakek 96 tahun akhirnya tercapai pekan ini. Hirata resmi memperoleh ijazah dari Universitas Kyoto untuk bidang Seni kriya. Sang kakek uzur ini membuat tugas akhir berupa olahan keramik. Hirata lahir di Hiroshima pada 1919. Dia sangat terkenal di kampus, karena baru mendaftar kuliah selepas pensiun. Saat memutuskan kuliah, Hirata sudah memiliki empat cucu. 

Akibat faktor usia, Hirata perlu waktu cukup lama untuk menyelesaikan studinya. Setidaknya dia butuh 11 tahun meraih gelar sarjana. Namun selama itu, kawan-kawan di kampus membantunya belajar atau mengerjakan tugas. "Saya merasa kembali muda berkumpul bersama para mahasiswa," ujarnya. Pencapaian Hirata diakui oleh lembaga rekor Guinness. Pria yang sudah pernah mengikuti Perang Dunia II ini rupanya berencana lanjut sekolah. 

"Apabila saya diberi umur hingga lebih dari 100 tahun, maka tak ada salahnya saya lanjut ke sekolah pascasarjana," kata Hirata. Jepang termasuk negara dengan populasi lansia terbanyak di dunia. Ada 59 ribu penduduk, diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun. Alhasil, cukup banyak orang berusia lanjut di Negeri Matahari Terbit yang melakukan hal-hal unik dulunya tak bisa mereka lakukan semasa muda.(AFP)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar